• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Sunday, March 30, 2014

Posted by Netty Herawaty
| 3:20 AM
Menurut ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia (Wikipedia), database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 

Dalam perencanaan database dapat menggunakan berbagai macam DBMS (Database Management System) seperti MS Access, SQL Server, My SQL, Postgre, Firebird dll. Dengan DBMS dapat dibuat program aplikasi basis data untuk membuat, merancang dan mengelola database.

Dalam mengembangkan suatu basis data, ada berbagai metodologi yang digunakan. Tujuan metodologi adalah orientasi pada keberhasilan pengembangan basis data dengan tepat waktu, tepat biaya dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.

Ada banyak metodologi pengembangan basis data, antara lain 

Perencanaan database langkah-langkah kerjanya mengacu pada konsep pengembangan database. Ada banyak konsep pengembangan database seperti :

a. SDLC (System Development Life Cycle)
b. CMM (Capability Maturity Model)
b. RAD (Rapid Application Development)
c. Spiral

Yang akan saya bahas disini adalah konsep SDLC. SDLC adalah metodologi pengembangan sistem dengan tahapan-tahapan seperti yang saya gambarkan pada diagram dibawah ini :

1. Database Planning

Database planning adalah proses penyusunan rencana dan tujuan pengembangan basis data. Tujuan pengembangan basis data dibagi menjadi 2, yaitu tujuan primer dan tujuan sekunder.

Berikut saya ambil beberapa contoh tujuan primer pengembangan basis data :
a. Share ability
Artinya sistem basis data yang dikembangkan harus bisa digunakan oleh banyak pemakai atau multi user

b. Data Security 
Keamanan data diperlukan untuk melindungi data dari kerusakan fisik media penyimpanan dan kerusakan karena alam (kebakaran, banjir dll)

c. Data Flexibility
Untuk memberikan kemudahan dalam menampilkan kembali data-data yang diperlukan menggunakan fasilitas yang diberikan DBMS

d. Privacy
Untuk membatasi hak akses basis data. Hanya user yang diberikan privilage yang bisa mengakses basis data

Sedangkan tujuan sekunder dari pengembangan basis data antara lain :
a. Tersedianya Kamus Data
Kamus data diperlukan untuk standarisasi data sekaligus sebagai dokumentasi sistem

b. Standarisasi Data
Setiap pengolahan data harus menggunakan definisi dan format yang seragam

c. Reduced Data Redudancy
Artinya meminimalisasi kerangkapan data, karena kerangkapan data akan menimbulkan masalah integritas data

d. Fast Recovery
Pembuatan basis data cadangan atau backup secara rutin

2. Analysis

Analisis merupakan proses penganalisaan model data secara detil, seperti mengidentifikasi semua data proyek yang akan diolah di dalam sistem.

3. Design

Pada tahap ini dibagi menjadi 2, yaitu logical design dan physical design.
a. Logical Design (desain logika)
Logical design adalah proses yang melibatkan semua aspek logika basis data seperti menentukan data model yang mencakup tabel (atribut dan domain), pendataan kategori data dan penentuan hubungan antar entitas dalam basis data (relationship)

b. Physical Design (desain fisik)
Physical design adalah proses yang melibatkan semua aspek fisik teknologi database seperti program DBMS yang akan digunakan, perangkat keras, sistem operasi dan jaringan komunikasi data (LAN, Internet dll)

4. Implementation

Implementation meliputi proses pengkodean (coding) , uji coba (testing), instalasi sistem dan pelatihan penggunaan basis data pada user

5. Maintenance

Maintenance adalah proses pemeliharaan basis data seperti modifikasi struktur database, perbaikan terhadap error dan pengaturan database untuk meningkatkan kinerja

Keuntungan pengembangan basis data

Keuntungan yang di dapat dalam pengembangan basis data antara lain :
a. Meminimalkan kerangkapan data
b. Standarisasi data
c. Menghindari inkonsistensi data atau data yang tidak konsisten
d. Memelihara integritas data
e. Meningkatkan kemudahan pemeliharaan data



Saturday, March 29, 2014

Posted by Netty Herawaty
| 7:07 PM
Sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka game apalagi menjadi game addict. Buat saya game itu hanya media untuk killing time misalnya ketika saya lagi perjalanan di kereta atau menunggu dosen datang di kelas. Jadi game yang saya pilih adalah game yang sifatnya ringan namun tetap menyenangkan. 

Salah satu pilihan saya adalah game Candy Crush Saga. Saya yakin sudah banyak yang tahu dan memainkan game ini. Namun apakah Anda tahu teknologi yang digunakan dibalik game ini? Mari kita bahas teknologi apa saja yang digunakan untuk membuat game ini.

Candy Crush Saga

Candy Crush Saga adalah game yang dikembangkan oleh King. King adalah perusahaan game interaktif terkemuka yang telah menciptakan ratusan game dan dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh dunia. 


Candy Crush Saga dirilis pada tanggal 12 April 2012 untuk Facebook, 14 November 2012 untuk iPhone dan iPad dan 14 Desember 2012 untuk Android. Candy Crush Saga untuk smartphone tersedia di Google Play dan App Store.

Cara Bermain

Candy Crush Saga tergolong permainan bergenre puzzle dengan jenis "match three" . Setiap level memiliki tampilan permainan yang dipenuhi permen beraneka warna dengan berbagai rintangan. Cara bermainnya sangat mudah sekali, yaitu dengan menukar posisi permen yang berdekatan secara vertikal atau horizontal untuk menciptakan barisan permen dengan tiga atau lebih warna yang sama. Selain itu disini juga bisa combine atau menggabungkan jenis permen tertentu untuk menghasilkan efek tambahan sehingga poin yang dihasilkan lebih banyak


Baiklah saya tidak akan membahas terlalu banyak tentang cara bermain Candy Crush Saga, Anda bisa mencobanya sendiri karena game ini sangat mudah untuk dimainkan. Saya akan lebih fokus untuk membahas teknologi di balik game ini

Teknologi Game Candy Crush Saga

Teknologi game adalah suatu sistem baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung kinerja game. Kita akan membahas teknologi yang digunakan Candy Crush Saga dari sisi front-end yaitu user interface yang ditampilkan ke pengguna dan dari sisi back-end seperti bahasa pemrograman dan tools yang digunakan untuk development

Back End

a. C++
Ketika saya searching teknologi game yang digunakan untuk Candy Crush Saga, tidak ada yang membahas bahasa pemrograman apa sebenarnya yang digunakana untuk game ini. Hasil pencarian yang saya dapat adalah King (perusahaan yang mengembangkan Candy Crush Saga) membuka lowongan untuk programmer senior C++. Jadi saya simpulkan jika salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan Candy Crush Saga adalah C++. Ini beralasan mengingat C++ adalah object oriented dan compiler C++ ada di semua platform

b. Corona SDK
Corona adalah framework untuk membuat aplikasi mobile yang cross platform. Cross platform artinya game bisa dijalankan di lebih dari satu platform. Pada game Candy Crush Saga ini bisa dijalankan di web dan mobile. Corona menggunakan bahasa pemrograman LUA.

Kelebihan

Menurut saya, beberapa kelebihan Candy Crush Saga dibandingkan dengan game bergenre puzzle lainnya :

1. Cross Platform
Candy Crush Saga bisa dijalankan di web (facebook) dan mobile (iPhone. iPad, Android)

2. Portrait and Landscape Mode
Biasanya ada beberapa game yang hanya bisa dijalankan di tipe layar landscape saja misal seperti Dinner Dash, Mikes World dan Fruit Ninja. Sedangkan Candy Crush Saga bisa dimainkan baik dengan tipe layar Portrait (vertikal) dan Landscape (horizontal)

3. More than 30 Candy World
Candy Crush mempunyai tema Candy World. Tiap satu set permainan (1 set permainan ada 15 level) kita akan menjumpai Candy World yang berbeda seperti Chocolate Mountains, Bubblegum Bridge, Candy Town dll. Inilah yang membuat user interface Candy Crush Saga makin menarik.

4. Interesting UI
Candy Crush Saga mempunyai user interface yang menarik dengan berbagai kombinasi warna

5. Great Sounds
Suara pada game sangat jernih dengan background musik yang enak di dengar

6. Integrated Facebook
Candy Crush Saga terintegrasi dengan facebook sehingga bisa bersaing dengan teman untuk mendapatkan high score ataupun invite teman untuk menambah lives.

Kekurangan 

1. File APK yang Besar
Candy Crush Saga untuk versi Android, file .apk yang harus di download lumayan besar yaitu 37,73 MB.

2. Tidak compatible untuk semua Versi
Untuk Android minimal harus versi 2.3 dan untuk iOS minimal harus versi 4.3



Sumber :

Saturday, March 15, 2014

Posted by Netty Herawaty
| 3:09 AM
Yesterday i got an invitation from Agnes Crepet (who is she? you can read my previous post about jDuchess Indonesia ) to attend Devoxx 2014 in Paris. Devoxx (formerly named JavaPolis) is an annual European Java, Android and HTML5 conference created in 2001. Now, Devoxx became the biggest Java conference in the world.


In this conference Google offer "Women in Tech Conference and Travel Grants" for female Computer Scientists with grants include :

  1. Free Registration
  2. Up to 1000 EUR towards travel and accomodation costs (to be paid after conference)

To be eligible for a conference grant, the candidate must :

  1. Be a woman working on studying Computer Science, Computer Engineering or a technical field related to the conference subject
  2. Have a strong academic background
  3. Demonstrate leadership in the workplace or in school
  4. Attend the core day(s) of the main conference

If you're interested to join in this conference, you can submit this form . Unfortunately when i will submit the form, it already entered deadline registration. Perhaps i'll try to submit the form to another conference. The eligible conferences for this Women in Tech Conference and Travel Grants are :

  1. Devoxx France 2014 (deadline : 10 March)
  2. Craft (deadline : 25 March)
  3. HITBSecConf2014 - Amsterdam / HITB Haxpo  (deadline : 10 April)
  4. Devoxx UK (deadline : 16th May)
For more information please visit Google for Education