• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Monday, June 23, 2014

Posted by Netty Herawaty
| 8:48 PM
Softskill Pengantar Teknologi Game kali ini membahas tentang bagaimana konsep yang akan kita terapkan untuk membangun sebuah game. Game yang akan saya bahas adalah game sederhana "ABC" untuk smartphone Android. Karena game ABC ini termasuk game yang sangat sederhana, jadi pembuatan konsepnya pun juga sederhana.

1. Konsep Cerita

Sebenarnya saya hanya iseng saja membuat game ini dan cara buatnya pernah saya bahas di postingan tanggal 7 April 2011. Jadi game ABC ini adalah game sederhana yang berjalan di smartphone Android untuk membantu anak-anak menghafal dan mengenali abjad A-Z.

2. Analisa Kebutuhan

Kebutuhan untuk membuat game ini dibagi menjadi 3, yaitu kebutuhan perangkat lunak, kebutuhan perangkat keras dan kebutuhan development atau pengembangan.

2.1 Kebutuhan Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak ditunjukkan pada tabel dibawah ini.

2.2 Kebutuhan Perangkat Keras
Kebutuhan perangkat keras ditunjukkan pada tabel dibawah ini.

2.3 Kebutuhan Development
Kebutuhan development atau pengembangan saya hanya membutuhkan gambar dan bunyi suara abjad A-Z. Untuk suara saya rekam suara sendiri kemudian di convert ke .wav .

3. Impelementasi 

Implementasi disini adalah tahap pengkodean atau coding. Penjelasan langkah-langkah cara pembuatan sudah pernah saya bahas disini

4. Hasil

Hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini.


Ketika salah satu abjad di klik maka akan mengeluarkan suara pelafalan dari abjad tersebut.


Reactions: