• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Wednesday, May 14, 2014

Posted by Netty Herawaty
| 10:08 PM

Apa itu Virtual Reality ?

Virtual = Memberikan pengalaman namun tidak nyata

Reality = Sesuatu yang membentuk hal yang nyata atau aktual

Secara sederhana Virtual Reality dapat diartikan sebagai teknologi yang disimulasikan oleh komputer untuk menampilkan objek tertentu dimana kita dapat berinteraksi di dalamnya menyerupai apa yang terjadi di dunia nyata.

Cara Kerja Virtual Reality

Pertama, pengguna akan dibawa ke dalam sebuah lingkungan virtual sehingga mengalami immersi atau perasaan berada di dalam dunia virtual yang dirancang. Kombinasi antara immersi dengan interaktifitas akan menghasilkan sensasi bernama telepresence. Telepresence akan menimbulkan sensasi dimana pengguna menjadi tidak merasakan lingkungan sekitar dan membuat fokus pada lingkungan virtual.

Agar immersi dapat dirasakan pengguna dibutuhkan alat bantu seperti headphone dan gloves atau sarung tangan. Melalui alat bantu ini semua gerakan pengguna dipantau oleh sistem dan sistem diberikan reaksi yang sesuai sehingga pengguna seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata baik fisik maupun psikologis.



Game Virtual Reality

Banyak bidang yang menggunakan teknologi Virtual Reality, salah satunya adalah bidang hiburan seperti game. Salah satu perusahaan penghasil game Virtual Reality adalah Oculus Rift yang pada 25 Maret lalu resmi diakuisisi Facebook senilai US$ 2 miliar. Beberapa contoh game yang menggunakan teknologi Virtual Reality dan support Oculus Rift antara lain :

1. Castlevania : Lords of Shadow 2

Genre             Action Adventure
Developer       MercurySteam
Publisher        Konami
Platform         Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360

2. Doom 3 

Genre             Survival Horror
Developer       id Software
Publisher        Activision
Platform         Windows, Linux, Mac OS X, Xbox, Xbox 360, PlayStation 3

3. Dark

Genre             Stealth
Developer       Realmforge Studios
Publisher        Kalypso Media
Platform         Microsoft Windows, Xbox 360

Merancang Virtual Reality

Gambar berikut menunjukkan proses operasi game dengan teknologi Virtual Reality menggunakan kernel LINUX. Software untuk membuat Virtual Reality game antara lain VRML (Virtual Reality Modelling Language), 3DML, X3D, Collada (Collaborative Design Activity) dll.


Potensi Virtual Reality di Masa Depan

Sebenarnya konsep tentang Virtual gaming memang sudah ada sejak dahulu di berbagai film science finction. Dengan menggunakan perangkat display tertentu yang didesain menyerupai kacamata, para gamer di visualisasikan seolah sedang memainkan game di dunia nyata. Walaupun hanya virtual namun konsep ini menjadi potensi teknologi masa depan yang berusaha diwujudkan oleh pengembang. Itulah mengapa Facebook sampai rela mengakuisisi Oculus Rift senilai US$ 2 miliar karena Mark Zuckerberg sangat yakin dengan potensi Virtual Reality di masa depan. 


Sumber :
http://www.oculusvr.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Oculus_Rift
http://www.bglconline.com/2014/04/cara-kerja-virtual-reality/
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_games_with_Oculus_Rift_support


Reactions: