• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Friday, February 15, 2013

Posted by Netty Herawaty
| 12:57 AM
Masih tentang game edukasi, kali ini saya akan memperkenalkan App Inventor. App Inventor adalah tool untuk membuat aplikasi Android yang berbasis block programming, yaitu kita bisa membuat aplikasi Android tanpa harus menggunakan kode program.

Ini cocok untuk media pembelajaran SMP, walaupun mereka tidak mempunyai basic programming tapi bisa untuk belajar mengasah logika seperti halnya bermain puzzle. Kita hanya perlu menggunakan, menyusun dan drag-drops "blok" yang merupakan simbol - simbol perintah dan fungsi event handler tertentu dalam membuat aplikasi. 


App Inventor bisa dijalankan secara online dan offline. Versi online nya bisa diakses di http://beta.appinventor.mit.edu/ dengan terlebih dahulu login ke email google anda. Untuk langkah - langkah menginstal App Inventor akan saya jelaskan di post berikutnya :)

Posted by Netty Herawaty
| 12:38 AM
Sebelumnya sudah saya jelaskan tentang fungsi Greenfoot sebagai media memperkenalkan anak usia 13 + ke dunia pemrograman melalui game interaktif

Sekarang saya akan menjelaskan dasar - dasar antarmuka atau interface pada Greenfoot. Untuk dapat melihat interface Greenfoot anda harus menginstal Greenfoot terlebih dahulu. Greenfoot dapat dijalankan di beberapa sistem operasi seperti Windows XP, Vista, Windows 7, Mac OS dan Ubuntu.

Caranya sangat mudah, ikuti petunjuk dibawah ini :
1. Unduh Greenfoot di sini dan pilih OS yang akan digunakan
2. Untuk Windows dan Mac OS double klik Greenfoot installer yang sudah 
    diunduh dan ikuti petunjuk penginstalan hingga Finish
3. Untuk Ubuntu/Debian instal paket Greenfoot dengan perintah berikut

#dpkg -i greenfoot-221.deb

Setelah Greenfoot sukses diinstal, jalankan Greenfoot sehingga akan tampil sebuah jendela kerja seperti gambar berikut


Ada beberapa bagian dalam interface Greenfoot yaitu :
1. World
Grid besar yang menutupi sebagian window atau jendela kerja disebut "World". World merupakan latar atau  background dari game yang dibuat

2. Class 
Window bagian kanan adalah tempat untuk meletakkan World Class atau Actor Class. World Class adalah kelas untuk membuat background game , sedangkan Actor Class adalah kelas yang berfungsi untuk membuat karakter pada game

3. Execution Control
Pada bagian bawah interface terdapat execution control  yang terdiri dari button Act untuk menggerakan Actor, button Run untuk menjalankan skenario, button Reset untuk mengembalikan World seperti semula dan Speed untuk mengatur kecepatan scenario.

Thursday, February 14, 2013

Posted by Netty Herawaty
| 1:48 AM
Banyak ketertarikan anak ke komputer dimulai dengan memainkan game. Nah game ini dapat digunakan untuk memperkenalkan anak - anak ke dunia pemrograman. Dengan kata lain anak - anak diajari teknik pemrograman dengan cara membuat game sederhana yang bersifat edukasi. Platform yang cocok untuk mengenalkan anak ke bahasa pemrograman adalah Greenfoot.

Greenfoot adalah software pembelajaran berorientasi object dengan berbasis pemrograman Java yang memungkinkan untuk membuat game 2 dimensi untuk menarik minat anak belajar bahasa pemrograman. Greenfoot cocok dipelajari anak usia 13 tahun keatas untuk belajar membuat sebuah game interaktif. Dengan mengajarkan mereka membuat skenario game maka akan mengasah fantasi anak - anak.


Greenfoot dibuat oleh Michael Kolling pada tahun 2003 yang dikembangkan di University of Kent dan La Trobe University dengan dukungan dari Oracle. Software ini adalah opensource atau bebas dikembangkan  yang dirilis dibawah lisensi GPL. Greenfoot tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS dan Linux

Menggunakan Greefoot sama seperti pemrograman biasa berbentuk teks. Namub, software ini lebih mudah digunakan karena ada perangkat bantu seperti class browser, editor dan compiler. Greenfoot juga mendukung bahasa pemrograman Java secara penug sehingga lebih mudah dalam memahami konsep OOP (Object Oriented Programming)

Saat ini Greenfoot sudah diajarkan di negara - negara maju di dunia, di download 250.000 kali tiap tahunnya dan mempunyai 230.000 user aktif hanya dalam jangka waktu 1 tahun setelah resmi dirilis 2007 lalu. Jadi kita juga akan mengenalkan Greenfoot ke anak - anak usia 13+ di Indonesia.