• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Wednesday, July 18, 2012

Posted by Netty Herawaty
| 12:15 PM

Blending

Blending juga mempunyai peran penting pada OpenGL ES. Blending adalah tindakan menggabungkan dua warna untuk menghasilkan warna ketiga. Kita dapat melihat contoh Blending 
dalam dunia nyata seperti ketika cahaya menembuh kaca atau pada cahaya dari lampu mercury di pinggir jalan pada malam hari.

Tipe-Tipe Blending

OpenGL ES mempunyai tipe -  tipe blending untuk memproduksi efek - efek ini :

1. Additive Blending

Adalah jenis campuran ketika kita mencampurkan beberapa warna bersama - sama sehingga akan menghasilkan warna - warna baru. Jenis campuran ini banyak digunakan untuk  3D rendering 
seperti membuat efek partikel yang mengeluarkan cahaya 

2. Multiplicative Blending

Multiplicative Blending atau dikenal dengan modulasi merupakan jenis campuran yang mewakili cara cahaya berperilaku ketika melewati filter warna atau cara cahaya memantul dari benda 
bercahaya ke mata kita. Ketika tidak ada multitexturing, maka Blending digunakan untuk implementasi lightmaps dalam game. 

3. Interpolative Blending

Interpolative Blending adalah menggabungkan multiplicative blending dan addtive blending untuk menghasilkan efek interpolative . Interpolasi sering berguna untuk mencampurkan permukaan atau 
surface yang berdekatan bersama - sama seperti menghasilkan efek kaca berwarna atau fade in / fade out

4. Implementasi Blending

Implementasi Blending menggunakan OpenGL ES adalah seperti pada contoh Blending 1  dan Blending 2.  Pada contoh pertama, ketika dua persegi digabungkan maka  akan saling 
menumpuk sedangkan pada contoh kedua,  ketika dua persegi digabungkan maka pada pertemuan kedua persegi warnanya akan melebur menjadi warna ungu yang merupakan gabungan antara 
warna merah dan biru

a. Blending 1

b. Blending 2


Reactions: