• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Sunday, July 15, 2012

Posted by Netty Herawaty
| 11:37 AM

Lighting

Sebuah dunia tanpa pencahayaan akan menjadi redup. Tanpa cahaya, kita bahkan tidak akan mampu melihat dunia atau benda-benda yang ada di sekitar kita, kecuali melalui indera lainnya 
seperti suara dan sentuhan. Cahaya menunjukkan kepada kita bagaimana sesuatu terang atau redup, dan seberapa dekat atau jauh suatu benda.

Dalam dunia nyata cahaya datang dari semua sisi dan semua warna. Apa yang kita anggap sebagai cahaya benar-benar agregasi triliunan partikel kecil yang disebut foton, yang terbang keluar dari sumber cahaya, terpental sekitar ribuan atau jutaan kali, dan akhirnya mencapai mata kita di mana kita mengartikannya sebagai cahaya.

Bagaimana kita bisa mensimulasikan efek cahaya melalui komputer grafis? Jawabannya adalah kita bisa menggunakan OpenGL ES. OpenGL ES tidak berusaha untuk menduplikasi pencahayaan seperti dunia nyata karena itu sangat kompleks namun bisa mensimulasikan pencahayaan dengan mendekati hasil seperti nyata yang akan cukup bagus untuk gaming action.

Jenis-Jenis Lighting

1. Ambient Lighting

Ini adalah cahaya yang tidak tampak datang dari sumber cahaya terutama karena telah tersebar ke sekitar sebelum mencapai mata kita.Contoh jenis pencahayaan ini dapat dialami di luar ruangan pada hari mendung, atau di dalam ruangan sebagai efek kumulatif dari berbagai sumber cahaya yang berbeda. 

2. Diffuse Lighting

Ini adalah cahaya yang mencapai mata kita setelah memantul langsung dari obyek. Contoh jenis pencahayaan adalah pada dinding putih diterangi oleh cahaya dalam ruangan.

3. Specular Lighting

Specular Lighting dihasilkan oleh benda dengan permukaan halus dan mengkilap seperti kaca



Implementasi Lighting

Contoh implementasi OpenGL ES Lighting adalah dengan membuat Lighting Planet seperti dibawah ini :

1. Single Resolution Planet

2. Double Resolution Planet


3. Wireframe Mode Planet


4. Flat Lighting Planet

5. Emissive Mode Planet

6. Two Fills Light Planet




Reactions: