• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Friday, July 13, 2012

Posted by Netty Herawaty
| 5:58 AM

Pengertian OpenGL ES

OpenGL for Embedded Systems (OpenGL ES) adalah bagian dari aplikasi OpenGL 2D dan 3D pemrograman grafis antarmuka (API) yang dirancang untuk embedded system seperti ponsel, PDA dan video game consoles. Tidak ada GLU dan atau GLUT pada OpenGL ES karena dikelola oleh teknologi konsorsium bernama Khronos Group, Inc

OpenGL ES versi 1.x digunakan untuk perangkat keras yang menawarkan kecepatan grafis, kualitas gambar dan performa. Sedangkan OpenGL ES versi 2.x memungkinkan pemrograman grafis 2D dan 3D secara menyeluruh.

Tipe Data OpenGL ES

OpenGL ES adalah API cross-platform. Ukuran tipe data dapat bervariasi tergantung pada bahasa yang digunakan dan prosesor yang mendasari. (64-bit vs 32-bit vs 16-bit). Kita harus menggunakan tipe data OpenGL ES untuk memastikan bahwa kita mendapatkan ukuran atau presisi yang tepat.Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan hasil yang tidak diharapkan pada konversi data pada saat runtime. Berikut adalah macam – macam tipe data OpenGL ES:

a. GLenum

Digunakan untuk memberitahu jenis data yang disimpan dalam array oleh pointer (misal GL_FlOAT) untuk menunjukkan bahwa array terdiri dari GL_FLOAT

b. GLboolean

Digunakan untuk menyatakan nilai benar atau salah (GL_TRUE dan GL_FALSE) dan menghindari platform atau perbedaan bahasa.

c. GLbitfield

Adalah empat byte bilangan bulat yang digunakan untuk mengubah nilai Boolean kedalam variabel tunggal dengan menggunakan operator bitwise

d. GLbyte

Sebuah bilangan satu-byte yang mampu menampung nilai dari -128 sampai 127

e. GLshort

Sebuah bilangan bulat dua-byte yang mampu menampung nilai antara -32.768 ke 32.767

f. GLint

Sebuah bilangan bulat empat-byte yang mampu menampung nilai antara -2147483648 ke 2147483647

g. GLsizei

Sebuah bilangan bulat empat-byte yang digunakan untuk mewakili ukuran (dalam byte) data, mirip dengan size_t

h. GLubyte

Sebuah bilangan bulat satu-byte yang mampu menampung nilai antara 0 – 255

i. GLubyte

Sebuah bilangan bulat satu-byte yang mampu menampung nilai antara 0 – 65.535

j. GLuint

Sebuah bilangan bulat empat-byte yang mampu menampung nilai antara 0 – 4294967295

k. GLfloat

Sebuah empat-byte presisi IEEE 754-1985 variabel floating point

l. GLclampf

Ini juga merupakan empat-byte presisi variabel floating point , namun ketika OpenGL ES menggunakan GLclampf menunjukkan bahwa nilai variabel ini harus selalu berada diantara 0, 0 dan 1,0

h. GLfixed

Adalah cara menyimpan bilangan real menggunakan bilangan bulat (fixed point numbers)

j. GLclampx

Variabel lain fixed-point, digunakan untuk mewakili bilangan real antara 0,0 dan 1,0 dengan menggunakan fixed-point aritmatika

Keuntungan Menggunakan OpenGL ES

Berikut adalah keuntung menggunakan OpenGL ES :
a. Standart industri dan gratis
b. Konsumsi daya yang rendah
c. Transformasi yang mudah dari software ke hardware
d. Bisa dikembangkan dan terus berevolusi
e. Mudah digunakan
f. Didokumentasikan dengan baik

Reactions: