• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Thursday, May 20, 2010

Posted by Netty Herawaty
| 12:44 PM

Pengenalan Media Player

Suara atau sound sangat penting dalam membangun sebuah game. Banyak game yang menggunakan suara misalnya game untuk anak  –  anak. Untuk memainkan suara Android 
menyediakan library yang bernama MediaPlayer. Dengan library ini kita akan mudah untuk memainkan sebuah file suara seperti .mp3 dan .wav atau memainkan file video seperti .3gp

Memainkan File Suara

Contoh sederhana dari penerapan MediaPlayer  file suara adalah membuat aplikasi mengenal suara binatang. Jadi kita siapkan beberapa button untuk memilih  suara binatang yang akan kita 
mainkan. Untuk itu kita perlu menyiapkan file .mp3 suara binatang seperti suara Kucing, Ayam dan Bebek. Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file yang perlu dibuat yaitu main.xml , string.xml, Mp3playerActivity.java .

main.xml 

main.xml merupakan kelas yang mengatur GUI dari aplikasi yang akan dibuat. Kita akan membuat 3 buah button kucing, ayam dan bebek yang jika button ditekan akan memainkan suara

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<LinearLayout

xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="fill_parent"

android:orientation="vertical" >

<Button

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="wrap_content"

android:id="@+id/kucing"

android:text="@string/str_kucing"

/>

<Button

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="wrap_content"

android:id="@+id/ayam"

android:text="@string/str_ayam"

/>

<Button

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="wrap_content"

android:id="@+id/bebek"

android:text="@string/str_bebek"

/>

</LinearLayout>

strings.xml

strings.xml berfungsi untuk menyimpan string object agar nilai dari string object tersebut nantinya dapat digunakan oleh komponen–komponen android


Mp3player
Suara Kucing
Suara Ayam
Suara Bebek
 

res/raw

Pada folder res  buat folder baru dengan nama  raw  untuk meletakkan file suara kucing.mp3, ayam.mp3 dan bebek.mp3 yang telah siapkan

Mp3playerActivity.java

Pada class java ini kita menggunakan library MediPlayer untuk memainkan suara
package org.meruvian.androidgame.mp3player;

import android.app.Activity;

import android.media.MediaPlayer;

import android.os.Bundle;

import android.view.View;

import android.view.View.OnClickListener;

import android.widget.Button;

import android.widget.Toast;

public class Mp3playerActivity extends Activity {

private MediaPlayer player;

private Button btn_kucing;

private Button btn_ayam;

private Button btn_bebek;

@Override

public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

super.onCreate(savedInstanceState);

setContentView(R.layout.main);

btn_kucing = (Button) this.findViewById(R.id.kucing);

btn_kucing.setOnClickListener(new OnClickListener() {

public void onClick(View arg0) {

playSound(1);

}

});

btn_ayam = (Button) this.findViewById(R.id.ayam);

btn_ayam.setOnClickListener(new OnClickListener() {

public void onClick(View arg0) {

// TODO Auto-generated method stub

playSound(2);

}

});

btn_bebek = (Button) this.findViewById(R.id.bebek);

btn_bebek.setOnClickListener(new OnClickListener() {

public void onClick(View arg0) {

playSound(3);

}

});

}

@Override

public void onPause() {

try{

super.onPause();

player.pause();

}catch (Exception e){

}

}

private void playSound(int arg){

try{

if (player.isPlaying()) {

player.stop();

player.release();

}

}catch(Exception e){

Toast.makeText(this, " Masuk Exception",

Toast.LENGTH_LONG).show();

}

if (arg == 1){

Toast.makeText(this, "Media Sedang Memainkan Suara

Kucing", Toast.LENGTH_LONG).show();

player = MediaPlayer.create(this, R.raw.kucing);

}else if (arg==2){

Toast.makeText(this, "Media Sedang Memainkan Suara

Ayam", Toast.LENGTH_LONG).show();

player = MediaPlayer.create(this, R.raw.ayam);

}else if (arg==3){

Toast.makeText(this, "Media Sedang Memainkan Suara

Bebek", Toast.LENGTH_LONG).show();

player = MediaPlayer.create(this, R.raw.bebek);

}

player.setLooping(false); // Set looping

player.start();

}

} 
Beberapa method dari MediaPlayer yang kita gunakan dalam aplikasi ini adalah :


Bagian utama yang memainkan file suara ada pada method playSound() yang akan dipanggil ketika user menekan salah satu button, disini akan ada pengecekan button mana yang ditekan sehingga file suara yang dimainkan sesuai dengan button yang ditekan

Hasil Contoh Memainkan File Suara



Reactions: