• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Thursday, July 28, 2011

Posted by Netty Herawaty
| 12:18 AM
Pada waktu kelas 2 SMK tahun 2009 dulu saya pernah menginstal Oracle 10g di Windows. Dan sekarang saya akan mencoba menginstal Oracle 10g di Ubuntu. 

Syarat yang wajib dipenuhi adalah :
1. Oracle installer yaitu oracle-xe_10.2.0.1-1.0_i386.deb yang dapat anda download disini
2. Minimal hardisk 1,5 GB
3. Minal SWAP 1 GB
4. Koneksi Internet


Setelah semua persyaratan diatas sudah terpenuhi, klik 2 kali pada file instaler tersebut dan tunggu sampai selesai. Selama penginstalan komputer harus terkoneksi dengan internet.

Setelah instalasi selesai, selanjutnya adalah konfigurasi Oracle dengan Ubuntu supaya dapat digunakan. Masuk ke Console sebagai root dengan perintah $sudo su kemudian ketikka perintah #/etc/init.d/oracle-xe configure

Jika ada perintah disuruh memasukkan port maka isikan dengan 8080 dan yang kedua isikan 1521 . Kemudian akan diminta untuk memasukkan password. Password yang anda isikan disini digunakan sebagai password ketika login ke database.

Ketik "y" untuk konfirmasi dan tunggu sampai proses selesai. Perhatikan screenshot dibawah ini


Buka browser anda dan masuk ke http://127.0.0.1:8080/apex
Login dengan username system dan password yang anda masukkan di Console tadi




Selamat Mencoba !

Saturday, July 9, 2011

Posted by Netty Herawaty
| 5:55 PM
Haloo semua..

Sudahkan kalian tahu jika JDK 7 (Java Development Kit 7) telah rilis sebagai bentuk perkembangan dari versi sebelumnya yaitu JDK 6 ? 

JDK 7 telah dirilis di 20 negara di dunia yang salah satunya adalah Indonesia. di Indonesia JDK 7 ini resmi diperkenalkan pada 7 Juli 2011 lalu di Binus International. Nah kebetulan yang menjadi panitia dan pengisi acara rilisnya adalah team dari Meruvian (tempat saya kerja) :)


- Meruvian Team -

- All the Audiences -


Kemudian apa saja fitur - fitur yang ada di JDK 7 ini? 
Berikut merupakan fitur - fitur penting dari JDK 7 untuk memperbaiki kinerja, usability dan security dari platform Java :

1. Superpackages
Superpackages adalah fitur yang memperluas fungsi package dalam Java, seperti bisa membuat nested dalam superpackages

2. Project Coin 
Project Coin adalah fitur untuk mempermudah pembuatan code program. Fitur yang disediakan dalam Project Coin yaitu diamond, try-with-resources , invokedynamic dll.

3. Modular
Salah satu keuntungan dari modularisasi adalah platform menjadi smaller download (lebih kecil untuk di-download) sehingga akan meningkatkan kinerja pada saat aplikasi sedang start-up

4. Multi-Language Support
Meningkatkan compatibility antara Java dan berbagai bahasa dinamis lain seperti Ruby dan Phyton dengan menyediakan implementasi better-than-native dari bahasa tersebut diatas JRE (Java Runtime Environment)


Monday, July 4, 2011

Posted by Netty Herawaty
| 1:57 PM

Game ABC

Game ABC adalah game android sederhana untuk membantu anak – anak menghafal dan mengenali abjad dari A – Z. 

Membuat Game ABC

Untuk membuat game tersebut ikuti langkah – langkah dibawah ini :

Menyimpan Gambar Game

Simpan semua file gambar yang akan ditampilkan pada folder res/drawable

Menyimpan Suara Game

Simpan semua file suara yang akan ditampilkan pada folder res/raw


Membuat Layout

Buat file main.xml pada folder res/layout untuk membuat layout atau UI game

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<FrameLayout

xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="fill_parent"

android:background="@drawable/background"

android:orientation="vertical" >



<GridView

xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

android:id="@+id/gridView"

android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="fill_parent"

android:columnWidth="@dimen/column_width_grid"

android:gravity="center"

android:numColumns="auto_fit"

android:stretchMode="columnWidth" >

</GridView>



<LinearLayout

android:id="@+id/InnerRelativeLayout"

android:layout_width="wrap_content"

android:layout_height="wrap_content"

android:layout_gravity="bottom"

android:orientation="horizontal" >



<Button

android:id="@+id/letter_btn"

style="@style/main_menu_btnTop"

android:layout_height="wrap_content"

android:layout_gravity="right"

android:background="@drawable/blue_menu_btn"

android:text="@string/letter_label" />



<Button

android:id="@+id/words_btn"

style="@style/main_menu_btnTop"

android:layout_height="wrap_content"

android:layout_gravity="right"

android:background="@drawable/blue_menu_btn"

android:text="@string/words_label" />

</LinearLayout>

Membuat Class Java

Buat class Huruf_Gambar.java yang berisi kode untuk memasukkan semua file gambar yang sudah disimpan pada folder res/drawable

package org.meruvian.androidgame.abcgame;
import android.content.Context;
import android.view.LayoutInflater;
import android.view.View;
import android.view.ViewGroup;
import android.widget.BaseAdapter;
import android.widget.ImageView;
public class Huruf_Gambar extends BaseAdapter {
private Context context;
private final String[] hurufgambar;
public Huruf_Gambar(Context context, String[] hurufgambars) {
this.context = context;
this.hurufgambar = hurufgambars;
}
getView(int position, View convertView, ViewGroup parent) {
LayoutInflater inflater = (LayoutInflater) context
.getSystemService(Context.LAYOUT_INFLATER_SERVICE);
View gridView;
if (convertView == null) {
gridView = new View(context);
gridView = inflater.inflate(R.layout.mobile, null);
ImageView imageView = (ImageView) gridView.findViewById(R.id.grid_item_image);
String gambar = hurufgambar[position];
if (gambar.equals("a")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.a);
} else if (gambar.equals("b")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.b);
} else if (gambar.equals("c")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.c);
} else if (gambar.equals("d")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.d);
} else if (gambar.equals("e")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.e);
} else if (gambar.equals("f")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.f);
} else if (gambar.equals("g")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.g);
} else if (gambar.equals("h")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.h);
} else if (gambar.equals("i")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.i);
} else if (gambar.equals("j")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.j);
} else if (gambar.equals("k")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.k);
} else if (gambar.equals("l")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.l);
} else if (gambar.equals("m")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.m);
} else if (gambar.equals("n")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.n);
} else if (gambar.equals("o")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.o);
} else if (gambar.equals("p")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.p);
} else if (gambar.equals("q")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.q);
} else if (gambar.equals("r")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.r);
} else if (gambar.equals("s")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.s);
} else if (gambar.equals("t")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.t);
} else if (gambar.equals("u")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.u);
} else if (gambar.equals("v")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.v);
} else if (gambar.equals("w")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.w);
} else if (gambar.equals("x")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.x);
} else if (gambar.equals("y")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.y);
} else if (gambar.equals("z")) {
imageView.setImageResource(R.drawable.z);
}
} else {
gridView = (View) convertView;
}
return gridView;
}
public int getCount() {
return hurufgambar.length;
}
public Object getItem(int position) {
return null;
}
public long getItemId(int position) {
return 0;
}
}

Kemudian buat kelas Huruf_Suara.java yang berisi kode untuk memasukkan suara dan method OnItemClickListener() sehingga ketika gambar di klik akan mengeluarkan

package org.meruvian.androidgame.abcgame;

import android.app.Activity;

import android.content.Intent;

import android.media.MediaPlayer;

import android.os.Bundle;

import android.view.View;

import android.view.View.OnClickListener;

import android.view.Window;

import android.widget.AdapterView;

import android.widget.Button;

import android.widget.GridView;

import android.widget.Toast;

import android.widget.AdapterView.OnItemClickListener;

public class Huruf_sr extends Activity {

GridView grid;

Button huruf, kata;

static final String[] abc = new String[] { "a", "b", "c",

"d", "e", "f", "g", "h", "i", "j", "k", "l", "m", "n", "o",

"p", "q", "r", "s", "t", "u", "v", "w", "x", "y", "z" };

@Override

public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

super.onCreate(savedInstanceState);

requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);

setContentView(R.layout.main);

final MediaPlayer sr_a = MediaPlayer.create(this, R.raw.a);

final MediaPlayer sr_b = MediaPlayer.create(this, R.raw.b);

final MediaPlayer sr_c = MediaPlayer.create(this, R.raw.c);

final MediaPlayer sr_d = MediaPlayer.create(this, R.raw.d);

final MediaPlayer sr_e = MediaPlayer.create(this, R.raw.e);

final MediaPlayer sr_f = MediaPlayer.create(this, R.raw.f);

final MediaPlayer sr_g = MediaPlayer.create(this, R.raw.g);

final MediaPlayer sr_h = MediaPlayer.create(this, R.raw.h);

final MediaPlayer sr_i = MediaPlayer.create(this, R.raw.i);

final MediaPlayer sr_j = MediaPlayer.create(this, R.raw.j);

final MediaPlayer sr_k = MediaPlayer.create(this, R.raw.k);

final MediaPlayer sr_l = MediaPlayer.create(this, R.raw.l);

final MediaPlayer sr_m = MediaPlayer.create(this, R.raw.m);

final MediaPlayer sr_n = MediaPlayer.create(this, R.raw.n);

final MediaPlayer sr_o = MediaPlayer.create(this, R.raw.o);

final MediaPlayer sr_p = MediaPlayer.create(this, R.raw.p);

final MediaPlayer sr_q = MediaPlayer.create(this, R.raw.q);

final MediaPlayer sr_r = MediaPlayer.create(this, R.raw.r);

final MediaPlayer sr_s = MediaPlayer.create(this, R.raw.s);

final MediaPlayer sr_t = MediaPlayer.create(this, R.raw.t);

final MediaPlayer sr_u = MediaPlayer.create(this, R.raw.u);

final MediaPlayer sr_v = MediaPlayer.create(this, R.raw.v);

final MediaPlayer sr_w = MediaPlayer.create(this, R.raw.w);

final MediaPlayer sr_x = MediaPlayer.create(this, R.raw.x);

final MediaPlayer sr_y = MediaPlayer.create(this, R.raw.y);

final MediaPlayer sr_z = MediaPlayer.create(this, R.raw.z);

grid = (GridView) findViewById(R.id.gridView);

grid.setAdapter(new Huruf_Gambar(this, abc));

kata = (Button) findViewById(R.id.words_btn);

kata.setOnClickListener(new OnClickListener() {

public void onClick(View v) {

Intent mainIntent = new Intent(Huruf_sr.this,

Kata_sr.class);

startActivity(mainIntent);

}

});

grid.setOnItemClickListener(new OnItemClickListener() {

public void onItemClick(AdapterView<?> parent, View v,

int position, long id) {

Toast.makeText(getApplicationContext(),

abc[position],

Toast.LENGTH_SHORT).show();

String alphabet = abc[position];

if (alphabet.equalsIgnoreCase("a")) {

sr_a.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("b")) {

sr_b.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("c")) {

sr_c.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("d")) {

sr_d.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("e")) {

sr_e.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("f")) {

sr_f.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("g")) {

sr_g.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("h")) {

sr_h.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("i")) {

sr_i.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("j")) {

sr_j.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("k")) {

sr_k.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("l")) {

sr_l.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("m")) {

sr_m.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("n")) {

sr_n.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("o")) {

sr_o.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("p")) {

sr_p.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("q")) {

sr_q.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("r")) {

sr_r.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("s")) {

sr_s.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("t")) {

sr_t.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("u")) {

sr_u.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("v")) {

sr_v.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("w")) {

sr_w.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("x")) {

sr_x.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("y")) {

sr_y.start();

} else if (alphabet.equalsIgnoreCase("z")) {

sr_z.start();

}

}

});

}

} 

Hasil contoh Game ABC

Jalankan project ABC Game dan hasilnya akan tampil seperti dibawah ini


Ketika salah satu dari huruf abjad di klik  maka akan keluar mengeluarkan suara