• Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Solo Great Sale

    Solo Great Sale Powered By Circle Card 2015

  • Oracle Java Magazine

    As Cover of Oracle Java Magazine March/April 2012 issue

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching jDuchess Indonesia

    Gunadarma University 2011

    www.jduchess.or.id

  • Launching Java 7

    Binus University 2011

  • Eclipse Democamp

    Microsoft Indonesia 2011

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK PGRI 3 Malang 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2010

  • Launching JENI 2.0

    ITB Bandung 2012

  • Oracle Academy

    SMK PGRI 3 Malang 2011

  • Java and Android Roadshow

    SMK Plus Darussalam Kediri 2012

  • Oracle Academy Seminar

    LIKMI Bandung, 2012

  • Oracle Academy Seminar

    Indonesia University, 2012

  • Seminar Android

    Universitas Budi Luhur 2010

  • Java and Android Roadshow

    SMK Hasan Kafrawi Jepara 2012

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

  • IOSA

    Indonesia Open Source Award 2011

  • Java Training

    SMKN 02 Sukabumi 2010

  • Sosialisasi Kurikulum

    SMKN 01 Tulungagung 2011

  • Sosialisasi Kurikulum 2013

    LPMP Surabaya 2013

Thursday, June 24, 2010

Posted by Netty Herawaty
| 5:14 PM
SMS atau Sort Message Service merupakan salah satu fitur yang paling digemari oleh para pengguna telepon seluler. Nah kita juga bisa mengirim dan menerima SMS di Android dengan menggunakan 2 emulator Android. Berikut step by step untuk membuat aplikasi messaging di Android:

1. Sending SMS

Untuk membuat aplikasi messaging kita membutuhkan izin atau permission ke AndroidManifest.xml .  Permission ini bertujuan untuk menentukan hak akses khusus yang diperlukan oleh aplikasi
<uses-permission android:name="android.permission.SEND_SMS" />

<uses-permission android:name="android.permission.RECEIVE_SMS" />


Dikelas Activity kita perlu membuat validasi ketika button send ditekan untuk memastikan bahwa nomor telepon dan isi pesan telah terisi sebelum di kirimkan
btnSendSMS.setOnClickListener(new View.OnClickListener()

    {

        public void onClick(View v)

        {               

            String phoneNo = txtPhoneNo.getText().toString();

            String message = txtMessage.getText().toString();                

            if (phoneNo.length()>0 && message.length()>0)               

                sendSMS(phoneNo, message);               

            else

                Toast.makeText(getBaseContext(),

                    "Please enter both phone number and message.",

                    Toast.LENGTH_SHORT).show();

        }

    });   

Setelah pesan dikirimkan akan tampil notifikasi atau pemberitahuan tentang status pesan, baik pesan diterima atau gagal dikirim
registerReceiver(new BroadcastReceiver(){

        @Override

        public void onReceive(Context arg0, Intent arg1) {

            switch (getResultCode())

            {

                case Activity.RESULT_OK:

                    Toast.makeText(getBaseContext(), "SMS delivered",

                            Toast.LENGTH_SHORT).show();

                    break;

                case Activity.RESULT_CANCELED:

                    Toast.makeText(getBaseContext(), "SMS not delivered",

                            Toast.LENGTH_SHORT).show();

                    break;                       

            }

        }

    }, new IntentFilter(DELIVERED));   

Gambar 1 Mengirim Pesan

Untuk mengetes aplikasi SMS ini, Anda dapat mengirim pesan dari satu emulator ke emulator yang lain dengan menggunakan nomor port yang ada di bagian atas emulator (Gambar 1)

Gambar 2 menunjukkan pesan SMS yang diterima pada emulator penerima (emulator dengan port 5556). Pesan dari emulator dengan port 5554 (gambar 1) pertama kali akan tampil di bar pemberitahuan (atas layar). Pesan di bar pemberitahuan bisa di drag ke tengah layar dan klik untuk membaca pesan

Gambar 2 SMS Diterima

2. Receiving SMS

Untuk melihat bagaimana menerima SMS , tambahkan elemen <receiver> di file AndroidManifest.xml sehingga pesan yang masuk dapat diterima oleh kelas SMSReceiver
<receiver android:name=".SMSReceiver" >

    <intent-filter>

        <action android:name="android.provider.Telephony.SMS_RECEIVED" />

    </intent-filter>

</receiver>

Tambahkan kelas SMSReceiver di class Anda. Dikelas SMSReceiver extend ke BroadcastReceiver dan override ke method onReceive(). Ketika sms diterima method onCreate() akan digunakan. Pesan SMS ada di dalam object Intent melalui object Bundle.Pesan disimpan dalam array object. Untuk mengextract masing-masing pesan menggunakan method createFromPdu() dari kelas SmsMessage. Pesan SMS ini kemudian di tampilkan dengan Toast.
package android.advance;

import android.content.BroadcastReceiver;

import android.content.Context;

import android.content.Intent;

import android.os.Bundle;

import android.telephony.gsm.SmsMessage;

import android.widget.Toast;



public class SMSReceiver extends BroadcastReceiver

{

    @Override

    public void onReceive(Context context, Intent intent)

    {

        //---get the SMS message passed in---

        Bundle bundle = intent.getExtras();       

        SmsMessage[] msgs = null;

        String str = "";           

        if (bundle != null)

        {

            //---retrieve the SMS message received---

            Object[] pdus = (Object[]) bundle.get("pdus");

            msgs = new SmsMessage[pdus.length];           

            for (int i=0; i<msgs.length; i++){

                msgs[i] = SmsMessage.createFromPdu((byte[])pdus[i]);               

                str += "SMS from " + msgs[i].getOriginatingAddress();                    

                str += " :";

                str += msgs[i].getMessageBody().toString();

                str += "\n";       

            }

            //---display the new SMS message---

            Toast.makeText(context, str, Toast.LENGTH_SHORT).show();

        }                        

    }

}

Tuesday, June 15, 2010

Posted by Netty Herawaty
| 12:35 PM
Seperti aplikasi desktop atau beberapa sistem operasi mobile seperti Palm OS, iOS, Blackberrry dan Windows Mobile, Android juga mendukung kegiatan dengan aplikasi menu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat menu sederhana :
1. Buat layout di file XML yang berisi tampilan text
2. Buat Activity class
3. Atur Menu
4. Tambahkan item menu reguler ke menu
5. Merespon menu item

1. Membuat XML Layout

Langkah pertama adalah membuat file XML layout sederhana dengan teks di dalamnya pada folder res/layout
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"

    android:layout_width="fill_parent"

    android:layout_height="fill_parent"

    android:orientation="vertical" >

    <TextView

        android:id="@+id/textViewId"

        android:layout_width="fill_parent"

        android:layout_height="wrap_content"

        android:text="Phone Menus" />

</LinearLayout>

2. Membuat Class Activity

import android.app.Activity;

import android.os.Bundle;

import android.view.Menu;

import android.view.MenuItem;

import android.widget.TextView;


public class SimpleMenus extends Activity {

    //Initialize this in onCreateOptions

    Menu myMenu = null;


     @Override

     public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {

         super.onCreate(savedInstanceState);


         // call layout in main.xml         

         setContentView(R.layout.main);

     }
}

3. Membuat Menu Utama

@Override

    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu)

    {

       super.onCreateOptionsMenu(menu);

       this.myMenu = menu;

       addRegularMenuItems(menu);

       return true;

    }

4. Menambahkan Menu Item

Untuk menambahkan menu item perhatikan kode dibawah ini
private void addRegularMenuItems(Menu menu){

          int base=Menu.FIRST; // value is 1

          MenuItem contact = menu.add(base,base,base,"Contact");

          contact.setIcon(R.drawable.phone_book);


          MenuItem message = menu.add(base,base+1,base+1,"Message");

          message.setIcon(R.drawable.sms2);


          MenuItem clear = menu.add(base,base+2,base+2,"Clear");

          clear.setIcon(R.drawable.eraser);


          MenuItem music = menu.add(base,base+3,base+3,"Music");

          music.setIcon(R.drawable.tone);


          MenuItem internet = menu.add(base,base+4,base+4,"Internet");

          internet.setIcon(R.drawable.moziila);


          MenuItem camera = menu.add(base,base+5,base+5,"Camera");

          camera.setIcon(R.drawable.kamera2);


          MenuItem galery = menu.add(base,base+6,base+6,"Galery");

          galery.setIcon(R.drawable.galery3);


          MenuItem game = menu.add(base,base+7,base+7,"Game");

          game.setIcon(R.drawable.game2);


          MenuItem video = menu.add(base,base+8,base+8,"Video");

          video.setIcon(R.drawable.handycam);      


          MenuItem setting = menu.add(base,base+9,base+9,"Setting");

          setting.setIcon(R.drawable.setting);

       }

Kode diatas untuk menambahkan item di menu beserta iconnya. Untuk menambahkan icon untuk menu caranya tinggal copy gambar ke res/drawable

5. Merespon Menu Item

Ketika item menu di klik maka Android akan memanggil method onOptionItemSelected() dari kelas Activity dan kemudian menggunakan method getItemId() pada MenuItem untuk menangkap text yang dimasukkan
 // Responding to Menu -> item clicks

    @Override

    public boolean onOptionsItemSelected(MenuItem item) {

       if (item.getItemId() == 1)       {

           appendText("\nContact");

           item.setIcon(R.drawable.phone_book);

       }

       else if (item.getItemId() == 2)       {

             appendText("\nMessage");

             item.setIcon(R.drawable.sms2);

       }

       else if (item.getItemId() == 3)       {

             emptyText();

             item.setIcon(R.drawable.eraser);
       }

       else if (item.getItemId() == 4)       {

          appendText("\nTone");

             item.setIcon(R.drawable.tone);
       }

       else if (item.getItemId() == 5)       {

             appendText("\nMoziila");

             item.setIcon(R.drawable.setting);
       }

       else if (item.getItemId() == 6)       {

             appendText("\nCamera");

             item.setIcon(R.drawable.kamera2);
       }

       else if (item.getItemId() == 7)       {

             appendText("\nGalery");

             item.setIcon(R.drawable.galery3);
       }

       else if (item.getItemId() == 8)       {
             appendText("\nGame");

             item.setIcon(R.drawable.game2);
       }

       else if (item.getItemId() == 9)       {

              appendText("\nVideo");

              item.setIcon(R.drawable.handycam);
       }

       else if(item.getItemId() == 10)  {

             appendText("\nSetting");

             item.setIcon(R.drawable.setting);
       }
          return true;
       }

6. Menambah dan Menghapus Text

private void appendText(String text)    {

     TextView tv = (TextView)this.findViewById(R.id.textViewId);

     tv.setText(tv.getText() + text);
}

private void emptyText()    {

     TextView tv = (TextView)this.findViewById(R.id.textViewId);

     tv.setText("");
}


Monday, June 14, 2010

Posted by Netty Herawaty
| 11:37 PM
Dialog adalah sebuah window yang tampil sebagai sebuah peringatan atau laert yang terjadi dalam aplikasi Anda. Android memiliki beberapa macam dialog seperti Alert Dialog, Prompt Dialog dan Dialog with Checkbox

1. Alert Dialog

yaitu kotak dialog yang muncul sebagai peringatan seperti jika ingin keluar dari aplikasi atau exit app. Alert Dialog ini ada di dalam Android app builder jadi anda harus mengimportnya terlebih dahulu
import android.app.AlertDialog.Builder;

Kemudian kode di kelas Activity seperti dibawah ini
public class AlertDialog extends Activity {

    @Override

    public void onCreate(Bundled savedInstanceState){

    super.onCreate(SavedInstanceState);

        Builder alert = new Builder(this);

        alert.setIcon(R.drawable.icon_alert);

        alert.setMessage("Do you want to exit?");

        alert.setPositiveButton("OK", null);

        alert.setNegativeButton("Cancel", null);

        alert.show();

    }
}

Penjelasan

a. Builder alert = new Builder(this);
Membuat object alert dari builder android app

b. alert.setIcon(R.drawable.icon_alert);
Menampilkan alert dialog dengan sebuah gambar atau image. Copy image ke dalam folder res/drawable

c. alert.setMessage("Do you want to exit")
Message yang akan ditampilkan pada alert dialog

d. alert.setPositiveButton("OK", null);
Kondisi positif ketika button OK dipilih

e. alert.setNegativeButton("Cancel", null);
Kondisi negatif ketika button Cancel dipilih

f. alert.show();
Perintah untuk menampilkan alert dialog


2. Prompt Dialog

yaitu dialog yang muncul dengan sebuah kotak isian atau EditText. Buat kotak dialog untuk EditText nya di main.xml
<TableLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="horizontal" android:stretchColumns="0" android:layout_height="fill_parent" android:layout_width="wrap_content"> <TableRow> <TextView android:text="Type text here" /> </TableRow> <TableRow> <EditText android:textSize="16px" /> </TableRow> <TableRow> <Button android:id="@+id/buttonOK" android:text="OK" /> <Button android:id="@+id/buttonCancel" android:text="Cancel" /> </TableRow> </TableLayout>
Untuk menampilkan prompt dialog perhatikan kode dibawah ini
 Dialog  prompt = new dialog(this);

 prompt.setContentView(R.layout.main);

 prompt.setTitle("Prompt Dialog");

 prompt.show();

Penjelasan

a. Dialog prompt = new Dialog(this);
Membuat object prompt dari Android dialog app

b. prompt.setContentView(R.layout.main);
Memanggil file dari xml ke main.xml

c. prompt.setTitle("Prompt Dialog");
Judul prompt dialog yang akan ditampilkan

d. dialog.show();
Perintah untuk menampilkan prompt dialog


3. Dialog with CheckBox

yaitu dialog yang tampil bersama dengan checkbox. Langkah pembuatannya sama dengan prompt dialog

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <TableLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:orientation="vertical" android:stretchColumns="0" > <TableRow> <TextView android:layout_gravity="center_vertical" android:layout_marginLeft="6dip" android:text="Android:" android:textColor="#ffffff" android:textSize="16px" /> <CheckBox android:id="@+id/checkboxAndroid" android:layout_gravity="right|top" /> </TableRow> <TableRow> <TextView android:layout_gravity="center_vertical" android:layout_marginLeft="6dip" android:text="Blacberry:" android:textColor="#ffffff" android:textSize="16px" /> <CheckBox android:id="@+id/checkboxBlackberry" android:layout_gravity="right|top" /> </TableRow> <TableRow android:layout_marginTop="230px" > <Button android:id="@+id/buttonOK" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="ok" /> </TableRow> </TableLayout>